[vc_row][vc_column][vc_column_text]Sekolah Umum Surya Bangsa memiliki

A. Visi dan Misi

VISI :

Terwujudnya lingkungan belajar yang mampu mengaplikasikan ilmu Pengetahuan atau    Pembelajaran menjadi nilai-nilai kehidupan atau nilai-nilai karakter peserta didik.

TRANSFORMING KNOWLEDGE INTO WISDOM”

MISI :

  1. Membentuk peserta didik yang kreatif, cerdas, mandiri, disiplin dan berkepribadian/ahklak mulia.
  2. Semua kelas melaksanakan pendekatan “Active Learning” atau “pembelajaran aktif” pada semua mata pelajaran.
  3. Meningkatkan Potensi, kecerdasan dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik ( Contoh : Program Bimbingan Karir, SBK dan Ekstra kurikuler)
  4. Mengembangkan budaya gemar membaca, yang dilakukan secara terprogram oleh wali kelas dan Guru Bahasa Indonesia.
  5. Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, rapi, bersih, dan nyaman.
  6. Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, komunikatif, tanpa takut salah, dan demokratis.
  7. Melaksanakan Pelajaran Tambahan kepada anak anak yang nilainya belum mencapai KKM.
  8. Menanamkan kepedulian sosial dan lingkungan, cinta damai, cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan hidup demokratis.
  9. Menjelaskan Pengetahuan atau Informasi yang sedang relevan di kalangan masyarakat (Up to date dan kontekstual)

B.CREDO :

Sekolah Umum Surya Bangsa memiliki keyakinan terhadap semua peserta didik, bahwa :

  1. Setiap anak/peserta didik berhak mendapatkan pedidikan yang terbaik tanpa memandang, membedakan suku , agama, ras dan golongan anak tersebut, dan Sekolah Umum Surya Bangsa memfasilitasi hal itu dengan mengaplikasikan 4 Pilar kebangsaan, yaitu: Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.
  2. Sekolah Umum Surya Bangsa tidak melakukan seleksi atau Ujian/Test penerimaan peserta didik, karena kami tidak mencari peserta didik/anak Pintar, Tetapi membuat pesertadidik/anak menjadi lebih Pintar. Dengan tulus  membimbing, melatih, memotivasi dan mengarahkan peserta didik/anak tersebut untuk mencapai cita cita mereka.

C. FOKUS :

Fokus Pembelajaran di Sekolah Umum Surya Bangsa :

TERFOKUS PADA    :

  • CREATIVITY
  • LEADERSHIP
  • ENTREPRENEURSHIP
  • CHARACTER
  • NATIONALITY

Creativity ( Kreatifitas )

Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari  sesuatu yang telah dimiliki

  • Memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar terhadap pengetahuan dan teknologi, (Meneliti).
  • Bersikap terbuka terhadap pengalaman baru.
  • Bereksperimen di dalam pembelajaran

Dilakukan dengan cara :

  • menerapkan program active learning  di dalam pembelajaran di semua bidang study.
  • memperhatikan gaya belajar anak (visual, auditory, kinestetik).

Beberapa Contoh kegiatan Kreatifitas:[/vc_column_text][vc_media_grid grid_id=”vc_gid:1512696495640-41c14e4b-8da5-9″ include=”682,691,686,687,688,689,690,692,693,694″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]2. Leadership ( Kepemimpinan )

Mendidik peserta didik untuk mampu menjadi seorang pemimpin yang bertanggung jawab serta menjadi motivator dan inspirator (artikel surya bangsa)

Dilakukan dengan cara penugasan peserta didik menjadi leader of the class, leader of the group (diskusi, debat, piket kebersihan, lomba-lomba) dan juga coaching program.

Sehinga sedari dini sudah tertanam jiwa kepemimpinan dan siap menjadi pemimpin- pemimpin terbaik di masa yang akan datang.

Beberapa Contoh kegiatan Leadership  ( Kepemimpinan )[/vc_column_text][vc_media_grid grid_id=”vc_gid:1512696495679-bc7e2caa-c057-5″ include=”695,696,697″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]3. Entrepeneurship ( Kewirausahaan )

Kegiatan pembelajaran harus dapat mendukung tumbuh kembangnya pribadi peserta didik yang berjiwa kewirausahaan dan mempunyai kecakapan hidup. Oleh sebab itu kurikulum perlu memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja.

Sebagai “door opener” atau pembuka pemikiran bagi murid bagaimana memiliki jiwa wirausaha, baik didalam pengambilan keputusan untuk memiliki usaha sendiri maupun menanamkan mentalitas wirausaha didalam bekerja. (artikel surya bangsa)

Dilakukan dengan memperkenalkan peserta didik pada bidang kewirausahaan dengan factory visit( kunjungan industri) , charity program ( mencari dana untuk kegiatan baksos ) dengan menjual produk buatan sendiri, project daur ulang.

Sehingga mereka memiliki kesiapan karir melalui pengembangan kapasitas tersebut.

Beberapa Contoh kegiatan Entrepeneurship ( Kewirausahaan )[/vc_column_text][vc_media_grid grid_id=”vc_gid:1512696495707-2eb6d622-418f-3″ include=”698,699,700,701,702,703″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]4. Character ( Karakter )

Sekolah Umum Surya Bangsa ingin membentuk anak-anak yang cerdas dengan memiliki karakter yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan:

  • Pembinaan Rohani (Pembentukan karakter melalui pengarahan dan doa setiap pagi sebelum memulai pelajaran) dan ibadah bersama sesuai dengan agama.
  • Mengembangkan budaya yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia (antri/tertib berbaris, sopan santun, mengucapkan terima kasih, ramah tamah, tolong menolong, dll) dalam pembelajaran sehari-hari di kelas.
  • Pembinaan Rohani, Character Building dan Outbound.
  • Kunjungan ke Panti Asuhan atau ke anak yang kurang mampu.
  • Pramuka : generasi yang tangguh dan mandiri

Beberapa Contoh kegiatan Character (Karakter)[/vc_column_text][vc_media_grid element_width=”3″ grid_id=”vc_gid:1512696495736-d2da5ed0-d030-6″ include=”705,706,707,708,709,710,711,712,713,714,715,716,717,718,719″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]Nationality (Punya Rasa Kebangsaan)

Sekolah umum Surya Bangsa ingin membentuk peserta didik yang memiliki semangat nasionalisme yang tinggi dengan :

  • melaksanakan upacara bendera setiap senin (pengibaran bendera, pembacaan teks Pancasila, menyanyikan lagu nasional)
  • Belajar tarian daerah, alat musik daerah (gamelan), lagu daerah, pakaian daerah, kuliner nusantara dan membuat kesenian daerah (membatik, wayang)
  • Merayakan hari Kemerdekaan (17 Agustus)
  • Memperkenalkan permainan tradisional
  • Mengunjungi tempat-tempat bersejarah Indonesia
  • Menyanyikan lagu wajib Indonesia
  • Mengikuti Pelatihan Paskibra

karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mencintai dan menghargai identitas bangsanya.

Beberapa Contoh kegiatan Nationality:

[/vc_column_text][vc_media_grid grid_id=”vc_gid:1512696495784-0cecf8ea-b67d-8″ include=”721,722,723,724,725,726″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]Keunggulan Sekolah Umum Surya Bangsa

Sekolah Umum Surya Bangsa memiliki banyak program unggulan demi membina pertumbuhan fisik dan emosional peserta didik untuk menjadi generasi yang percaya diri dan mandiri serta berkarakter, seperti :

  1. Renungan Harian atau Siraman Rohani

Renungan pagi atau siraman rohani untuk membangun karakter peserta didik sehingga peserta didik cerdas secara akademik disertai karakter yang sangat baik sehingga percaya dan mengasihi Tuhan dalam setiap aspek kehidupan dan menjadi pribadi yang berguna, berharga dan bermakna bagi sesama.

Dilakukan sesuai agamanya masing-masing dan di luar pelajaran Agama/waktu ibadah, kegiatan Renungan Pagi dilaksanakan: Selasa – Kamis : Jam 07.30 – 07.45

  1. Active Learning

Program pembelajaran yang menyenangkan melibatkan peserta didik secara aktif dan kreatif di dalam kelas maupun diluar kelas sehingga peserta didik dengan mudah mengerti dan  memahami serta menerapkan setiap pengetahuan dalam kehidupan sehari – hari. Menggunakan  Metode Pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. Sehingga peserta didik tidak bosan dan stres dalam mengikuti kegiatan Pembelajaran.

  1. Billingual

Program pembelajaran berbahasa inggris dan mandarin diberikan kepada peserta didik/siswa dan banhasa inggris sebagai bahasa pengantar sehari – hari yang aktif, kreatif dan interaktif serta meyenangkan sehingga peserta didik berkomunikasi dengan penuh percaya diri.Karena bahasa inggris adalah bahasa pengantar yang sangat penting bagi generasi saat ini di dunia yang terus berubah semakin maju.

  1. Program Seni Budaya dan Keterampilan

Seluruh peserta didik tidak hanya dibekali dengan ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi dibekali juga dengan beberapa Program Seni Budaya dan Keterampilan berdasarkan minat dan bakat, seperti : keyboard, gitar, Biola, Drum, Bass, art & craft, Fashion Design, Tata Boga, Design Grafis.

  1. Extra Kurikuler

Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran, untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggaraka di sekolah.

Mengapa sekolah Umum surya bangsa sangat konsentrasi terhadap kegiatan Ekstra Kurikuler (Ekskul)? Karena kegiatan ekskul :

  • Sebagai “door opener”, pembuka dan pencarian bakat ( talenta yang dimiliki sejak dini).
  • mengembangkan kemampuan dan kreativitas peserta didik sesuai dengan potensi, bakat dan minat mereka.
  • Menunjang dan mengangkat self esteem, sehingga membuat peserta didik merasa memiliki kebanggaan dan kepercayaan diri melalui kegiatan yang disenanginya yang pada akhirnya menunjang proses belajar.
  • Menjadi ajang prestasi atau mengembangkan kesiapan karir peserta didik.
  • Menumbuhkan rasa senang bersekolah pada peserta didik.

Program yang diberikan untuk mendukung perluasan minat, pengembangan potensi dan pembentukan karakter dan pelatihan kepemimpinan peserta didik.

  1. Bimbingan karir

Bimbingan karir adalah bimbingan yang diberikan kepada peserta didik demi mepersiapkan diri menghadapi dunia kerja, memilih lapangan pekerjaan/ profesi. Sekolah Umum Surya Bangsa memfasilitasi seluruh peserta didik SMP dan SMA untuk dibekali dan dibimbing melalui bimbingan karir dalam mengidentifikasi minat,kemampuan dan kepribadian mengarahkan serta membantu menggapai cita – cita yang mereka inginkan sehingga mereka mampu mengambil keputusan dan bertanggung jawab dalam mewujudkan dirinya secara bermakna.

  1. Pelajaran Tambahan

Pelajaran Tambahan dilakukan setelah program belajar reguler disekolah berakhir. Pelajaran tambahan ini memiliki perencanaan tersendiri  yang diberikan untuk menambah, memperkaya dan memperdalam pengetahuan bagi peserta didik yang memerlukan serta membantu peserta didik dalam menempuh ketuntasan belajar

Jenis – jenis pelajaran tambahan di Sekolah Umum Surya Bangsa :

  • Peningkatan nilai Akademik Peserta didik : diberikan kepada peserta didik/ siswa yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Kegiatan ini dilakukan setelah program belajar regular berakhir.
  • Persiapan UN : diberikan kepada peserta didik kelas 6, 9 dan 12 di semester Genap setelah program belajar regular berakhir.
  1. Pekerjaan Rumah

Pekerjaan Rumah diberikan kepada peserta didik/siswa berguna untuk melatih dan mengulang/review kembali pembelajaran, mengisi waktu dirumah dengan positif dan bermanfaat, melatih rasa tanggung jawab dan kemampuan mengatur waktu ( disiplin ) dengan mandiri  sebagai anak dirumah dan sebagai peserta didik disekolah.

Sekolah Umum Surya Bangsa bisa mengadakan pemberian PR kepada peserta didik dengan ketentuan – ketentuan sebagai berikut: (Lampiran)

  1. Manajemen Kelas

Manajemen kelas dilakukan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif, menyenangkan serta dapat memotivasi peserta didik untuk belajar dengan baik dan maksimal.

Dilakukan dengan cara :

  • Melakukan variasi formasi tempat duduk secara berkala
  • Mengamati dan mencatat perkembangan belajar Peserta didik
  • Melakukan sosialisasi terhadap orangtua terhadap perkembangan belajar peserta didik.
  • Menetapkan kesepakatan mengenai peraturan di dalam kelas
  • Memberikan reward kepada anak anak
  • Menetapkan target yang akan dicapai: Target Akedemik dan Sikap Karakter
  • Memberikan pelajaran Tambahan bagi peserta didik yang belum mencapai KKM
  1. Holistik

Sekolah Umum Surya Bangsa, selain mendidik secara akademik, karakter dan kerohanian, juga sangat memperhatikan fasilitas sekolah, manajemen dan Sumber daya pengajar yang profesional, Sekolah umum surya bangsa juga memiliki ruangan belajar yang kondusif dilengkapi AC, laboratourium Biologi, Fisika, Ruangan komputer, perpustakaan, ruangan musik tradisional, keyboard, gitar, drum,  disertai dengan sarana dan prasarana yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yaitu lapangan sekolah yang luas dan sejuk dilokasi lapangan diatas maupun dibawah, semuanya ada di lapangan terbuka sehingga sangat mendukung untuk kegiatan pendidikan jasmani dan kesehatan terutama untuk kegiatan olahraga yang membuat peserta didik dapat bebas bergerak.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]