Kita melihat banyak barisan orang-orang sukses, yang pernah gagal dalam hidup mereka. Thomas Edison gagal ribuan kali dalam upayanya menemukan bola lampu pijar. Walt Disney pernah dipecat dari pekerjaannya sebagai editor surat kabar karena dianggap “kurang kreatif”. The Beatles ditolak produser rekaman dan diberitahu bahwa gitar bukanlah cara menjadi ngetop.. Sylvester Stallone ditolak berkali-kali sebagai aktor karena ” tidak ada seorang pun yang mau mendengar aktor yang tidak bisa berbicara dengan jelas.”

Namun, bukannya patah semangat, mereka terus naik ke atas, Mereka meloncat dari satu batu halangan ke batu halangan lainnya, sampai mencapai puncak gunung.

Kisah di atas memang kisah orang-orang terkenal. Tetapi lihatlah sekeliling kita. Kita akan menemukan pola cerita yang hampir sama. Mereka yang sukses-kecil, sedang atau besar-adalah mereka yang paling sering mengalami jatuh bangun.

Merekalah orang-orang yang mengerti bahwa kegagalan bisa memberikan motivasi yang besar untuk belajar, bertumbuh, dan mencapai keberhasilan.

•It Pin Arifin, dalam bukunya “Bagaimana Mencetak Genius yang Bahagia”

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WhatsApp us